Translate

30 Macam Cacat Logika Yang Umum dan Contohnya


Ihsan Magazine - 30 Macam Cacat Logika Yang Umum ada di dunia ini dan sering terjadi bahkan disekitar kita dari teman, saudara bahkan keluarga terdekat. biasa juga disebut Logical Fallacy.
KESALAHAN logika, cacat logika, sesat logika, sesat pikir, fallacia atau logical fallacy adalah kesalahan dalam aktivitas berpikir karena penyalahgunaan bahasa (verbal) atau relevansi (materi). Berbagai kesesatan penalaran dipelajari sebagai lawan dari argumentasi logis.
1. Bandwagon (rombongan kereta): Cacat logika membenarkan sesuatu karena melihat orang-orang mengamini atau melakukannya juga. Contoh"Berkendara motor tanpa mengenakan helm enggak apa-apa karena orang-orang melakukannya."
2. Ad hominem: Cacat logika karena menyerang hal-hal pribadi yang tidak ada kaitannya dengan kasus yang sedang dibahas. Contoh“Halah, anak kemarin sore kayak kamu tahu apa soal aturan lalu lintas. Urusin aja sekolah yang bener, jangan ngurusin pacaran mulu!”
3. Anecdotal: Cacat logika karena mempercayai pengalaman pribadi atau contoh yang sempit, alih-alih data valid. Contoh“Enggak usah ngelarang-larang Papa ngerokok, deh. Engkong kamu aja ngerokok matinya tabrakan kok—bukan kanker.”
4. To quoque (disebut juga appeal to hypocrisy): Menghindari kritik dengan membalikkan kritik tersebut kepada pengkritik. Contoh“Kok sembarangan menyebut film Dilan itu buruk, karya anak bangsa harusnya diapresiasi, dong. Memangnya kamu bisa bikin film?
5. Ambiguity: Mencari-cari celah pada kata atau kalimat yang bersifat ambigu atau bisa diartikan lain. Contoh“Isteri yang pandai mencari uang akan menyulitkan suami yang pandai menyimpan uang.” Karena suami mau naroh uang di mana aja bakal ketemu sama isterinya. (Isterinya Cak Lontong, nih!)
6. Strawman (orang-orangan sawah): Cacat logika karena menanggapi argumen orang lain dengan representasi berbeda. Contoh“Sori Bro gue duluan, isteri nungguin di rumah, nih!” ditanggapi keliru dengan, “Kok buru-buru, takut amat sih lo sama isteri? Pernah punya teman bangke kayak gini?
7. False cause: Menyimpulkan sebab suatu peristiwa (causation) dari hal-hal yang terjadi secara bersamaan atau berurutan (correlation). Contohlagi liat BORUTO di GTV, lalu adikmu datang dan tiba-tiba iklan. “Jiaaahh! Gara-gara kamu dateng sih, jadi iklan deh, tuh!”
8. Burden of proof: Meminta lawan bicara untuk membuktikan kalau klaim kita salah. Contoh“Aku percaya tuyul itu ada; memangnya kamu bisa buktikan kalau tuyul itu tidak ada?” Lha, mana kita tahu, mestinya kamu sendiri yang memperkuat klaim dengan bukti-bukti, bukan membebankannya ke orang lain, sak aek kancut tuyul.
9. Circular reasoning: Argumen melingkar di mana A dianggap benar karena B benar, dan B adalah benar karena A benar. Contoh“Agama paling benar adalah agama serbet, karena tertulis demikian pada serbet.” Analogi populer yang dikenal sebagai “the napkin religion”.
10. Association fallacy: Menerapkan citra bagi suatu kelompok berdasarkan citra seseorang, dan sebaliknya. Contoh“Reinhard Sinaga seorang gay dan ia melakukan pelecehan seksual pada banyak korban, jadi gay itu pemerkosa; Habib itu cucu Rasulullah, jadi sudah pasti ia diperkenankan Allah dan kata-katanya selalu benar, atau; SEMUA LAKI-LAKI SAMA AJA!!”
11. Ad hominem circumstantial: Sedikit berbeda dengan Ad hominem (tipe abuse, poin 2). Ad hominem tipe circumstantial menyerang pribadi lawan bicara dari keyakinan dan latar belakangnya (SARA). Contoh“Terang aja lu bela Koh Ahong, sama-sama tapir, kok!”
12. Ad baculum: Mengajukan argumen berupa ancaman dan intimidasi kepada lawan bicara. Contoh“Kalau kamu tidak mengakui ‘kebenaran’ yang kupaparkan, sama saja kamu menentang Tuhan. Karena pendapatku merujuk pada.. Kitab Serbet!!”
13. Ipse-dixitism: Memberikan argumen dengan dasar keyakinan yang dogmatis. Contoh“Ideologi liberalis dan kapitalis telah gagal dan hanya menyengsarakan rakyat, segera ganti dengan Syariat!” atau; “Jangan pilih manusia tapir menjadi pemimpin kalian!”
14. Poisoning the well (meracuni sumur): Menganggap tercela lawan dengan berbagai tuduhan bahkan sebelum lawan sempat bicara. Contoh“Kalau tapir sudah memimpin, siapa yang menjamin keputusannya akan memberikan keadilan. Rusak sudah kebun binatang ini?!!”
15. Appeal to authority: Mempercayai apapun perkataan dari suatu otoritas sebagai kebenaran mutlak, tanpa menyelidikinya lebih lanjut. Contoh“Woy! Itu yang ngomong habib besar lho, ndak mungkin salah.” Lha wong jubahnya aja XXL, kok!
16. Appeal to emotion: Memanfaatkan respon emosi, alih-alih menanggapi persoalan sesungguhnya. Contoh“Sungguh kejam kepala daerah yang menggusur rumah warga di bantaran kali, nggak mikirin nasib rakyat.” Atau; “Mana mungkin anak pemilik pondok itu melecehkan orang.”
17. Appeal to tradition: Menganggap sesuatu benar karena sudah tradisi sejak dulu. Contoh, “Masak numpang jualan di trotoar doang gak boleh? Kita kan cari makan, Pak? Jaman gubernur dulu juga kagak pape.” Maap Buk, kita harus membiasakan yang bener, bukan membenarkan yang biasa. “Emang lu mau ngasih gua makan!!”
18. Ad novitatem: Cacat logika karena mengira semua yang bersifat baru selalu lebih baik/benar. Contoh“Sekarang sudah jamannya EDM sama KPOP, Bro! The Beatles sama Queen mah udah djadoel kalee!”
19. Ad antiquitam: Kebalikan dari ad novitatem, mengira nilai-nilai lama selalu benar. Contoh“Anak jaman sekarang itu pemalas, generasi rebahan, bucin, tiktokan mulu, suka ngelawan orangtua. Beda sama jaman kita, enggak pernah buka-buka Facebook acan, paling mainan gundu!”
20. No true Scotsman (bukan orang Sumedang asli): Cacat logika karena pernyataan yang tidak sesuai dengan klaimnya adalah pengecualian. Contoh, A: “Orang Sunda itu tidak berbakat jadi diplomat.” B: “Siapa bilang, Marty Natalegawa ‘kan orang Sunda? A: “Ah, dia sih dari kecilnya di Inggris.”
21. Moving the goalpost: Cacat logika karena berubah sepakat dengan argumen lawan, tapi tidak mengakuinya dan mengganti standar ke hal lain untuk menyelamatkan muka alias ngeles kayak bajajContoh“Marty boleh diplomat, tapi orang Sunda umumnya tidak bermental perantau, kok.” Masia we, Mang..
22. Two wrongs make a right: Asumsi bahwa jika terjadi tindakan salah, maka tindakan salah yang lain akan menyeimbangkannya. Contoh“Hei Bambang, apa kabar?” “Eh Udin, baek.” “Kok lu manggil nama bapak gue?” “Nah lu duluan manggil bapak gue!”
23. Red herring: Memberikan argumen yang tidak ada kaitannya dengan topik yang dibahas, sebagai usaha untuk mendistraksi atau mengalihkan pembicaraan. “Banjir yang melanda kota kita ini disebabkan oleh air hujan yang tidak bisa kita lawan; hujan itu adalah rahmat, jadi nikmati dan sukurin aja.”
24. False analogy (analogi ngawur)“Laki-laki itu ibarat kunci dan perempuan adalah gemboknya. Kunci yang bisa membuka banyak gembok adalah kunci terbaik. Sedangkan gembok yang bisa dibuka oleh banyak kunci adalah gembok yang tidak berguna.” (Atau ini analogi yang cukup masuk akal?)
25. Personal incredulity: Cacat logika karena gagal memahami suatu konsep yang rumit, misalnya teori-teori fisika. Contoh“Kalau memang bumi itu bulat, pesawat yang terbang lurus seharusnya lolos sampai ruang angkasa, dong?” Dijawab, “Oh, tidak! Bumi itu jelas bulat, saya punya globe-nya di rumah.” Ternyata IQ jongkok vs IQ jinjit.
26. Perfect solution: Cacat logika karena mengira solusi sempurna itu ada, dan sebuah solusi ditolak karena masalah akan tetap ada. Contoh, “KPK itu percuma saja, orang korupsi tetap ada,” atau yang epik, “Buat apa sekolah, menteri sudah ada, guru juga ada, dokter juga banyak.”
27. Black-or-white: Cacat logika karena memberikan dua pilihan walaupun ada banyak alternatif lain. Contoh“Semua cowok sama aja, kalo gak playboy ya gay,” atau; “Lebih baik tatoan gak pakai narkoba, daripada gak tatoan pakai narkoba; kamu suci aku penuh dosah~”
29. Cherry picking: Membangun argumen hanya berdasarkan data yang menyokong klaimnya saja. Contoh“Anak perempuan enggak usah sekolah tinggi-tinggi, ujung-ujungnya ke dapur-dapur juga.” Kecuali kalau mau tinggal di kosan kecil yang enggak ada dapurnya.
30. Cocoklogi: Memberikan pernyataan ngawur dengan mencocok-cocokkan suatu peristiwa dengan peristiwa lain sekenanya dan dipaksakan, alih-alih didukung fakta dan data valid. 

Contoh“Jangan main Quora, karena Quora dalam bahasa Planet Namex artinya Aku Yahudi.” 

Istilah ini barangkali sudah pernah anda dengar dalam konteks pembicaraan sehari-hari, Akan tetapi, terdapat baiknya anda mendefinisikan istilah ini terlebih dahulu.
Pertama, logical yang secara eksplisit langsung bisa diterjemahkan menjadi kata logis.
Logis memiliki makna sesuai dengan logika, cocok dengan akal, atau masuk akal.

Kemudian, kata fallacy didefinisikan sebagai kekeliruan dalam berpikir, khususnya yang mempunyai kecenderungan menyesatkan

Kedua, Dengan demikian, logical fallacy berarti kekeliruan dalam beranggapan secara logis. Singkatnya, logical fallacy ialah kecacatan logika tersebut sendiri.


Disqus Comments

Popular Post

Cloud Categories

(Semua) (2) 2019/2020 (1) Adminisrasi Guru (1) Administrasi (2) Administrasi Sekolah (1) Adsense (10) Advertisement (9) advokat (1) AI (1) AIOCBT (1) Akreditasi (5) Akreditasi PAUD (2) AKSI Puspendik (1) alat kesehatan (1) Alexa Traffic (3) All About Childbirth (2) Alternatif & Herbal (4) Amplifier (2) Android (53) Android Games (2) Android T&T (4) Animasi (1) Antivirus (2) Aplikasi (24) Aplikasi dan File KepSek (1) Aplikasi SIPLah (1) ArcGIS Story Maps (1) ARD (1) ARD Aplikasi Raport Digital (1) Artikel (1) Artikel Kesehatan (2) Artikel Pilihan (6) Artikel Tabungan (8) As (24) Asam Urat (4) Asian Games 2018 (1) AUDIO (7) Axis (4) Badang (1) Bagi Pulsa (1) bahasa inggris (1) BANK BCA (3) Bank BPD (3) Bank BRI (8) Bank Mandiri (3) Bank Soal (6) Bank Syariah (13) BANPRES (1) Batuk (2) BBM (1) BCA (1) beasiswa (1) Beasiswa Timur Tengah (1) belajar bahasa jepang (2) Belajar Komputer (1) Belajar MS.Office (1) Belajar Programming (1) Belar MS.Ofice (3) Bendera Mobile Legends (1) Berat Badan (1) BERITA (7) Berita Bank (16) Berita Kesehatan (7) big book (1) BIMTEK K13 (1) Biografi (2) Biologi (1) Bisnis (3) Bisnis Online (6) Bisskey (1) Bitcoin (1) Black Desert Mobile (1) Black Desert Mobile Rilis (1) Blanko Undangan ERBA (1) Blog (1) Blogger (47) Blogger Templates (1) Blogging (28) bloging (4) blogspot (1) BNI (1) BPOPP (2) Brancless Banking (12) BRIZZI (1) buah (7) Buat Akun (2) Budidaya (2) Build (4) Build Dan Guide Bermain Akai Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Aldous Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Angela Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Balmond Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Belerick Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Claude Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Cyclops Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Hayabusa Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Helcurt Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Kagura Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Kaja Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Karrie Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Lunox Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Lyla Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Natalia Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Roger Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Saber Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Selena Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Thamuz Mobile Legends (1) Build dan Guide Bermain Uranus Mobile Legends (1) Build Dan Guide Bermain Zilong Mobile Legends (1) Buku Paket (1) Bunga Bank (1) Cache (1) calender pendidikan (1) Call of Duty Mobile (1) Canon (6) Cara Berubah Menjadi Besar Di Mode Survival Mobile Legends (1) cara cari duit (1) cara cek (5) cara cek kuota (5) cara cek nomor (1) cara cek nomor smartfren (1) cara cek pulsa (5) Cara Cepat Menaikkan Level Di Dragon Nest M SEA (1) Cara Membuat 2 Akun Dalam 1 HP Bermain Di Pubg Mobile (1) Cara Membuat Akun Baru Mobile Legends Di IOS Tanpa Perlu Restart (1) Cara Mendapatkan Apel Bangkit Emas Dragon Nest Mobile (1) Cara Mendapatkan Banyak Adena Dengan Mudah (1) Cara Mendapatkan Equipment SR (1) Cara Mendapatkan Kostum Animal Secara Gratis Di Dragon Nest M SEA (1) Cara Mendapatkan Pakaian Atau Kostum Secara Gratis Di PUBG Mobile Tanpa Top Up (1) Cara Mendapatkan Ruby Diamond Dengan Cepat (1) Cara Mendidik Anak (2) Cara Mengambil Hadiah Pra-Registrasi Lineage 2 Revolution (1) Cara mengatasi akuj terkena hack (1) Cara Mengatasi Lag/Patah - Patah /Force Close Bermain PUBG Mobile (1) Cara Mengatasi Masalah Tidak Dapat Login Google Play Di Dragon Nest Mobile (1) Cara Mengatasi Tidak Bisa Login PUBG Mobile (1) Cara Menghilangkan Chaotic Value Dengan Cepat (1) Cara Meningkatkan BP(Battle Power) Dragon Nest M SEA (1) Cara Mudah Mendapatkan Banyak Koin Naga Di Dragon Nest M SEA (1) Cara Transfer Pulsa Telkomsel (1) Carder (1) Catatan Ringan (6) Cegukan (1) Cek IMEI (1) cek nomor smartfren sendiri (1) Cek Resi (1) Cerpen (1) Childbirth (2) CONTOH SOAL (2) Contoh Soal Surat (1) Contra:Return (1) CPNS (4) Cryptocurrency (109) CURL (1) Customer Service (2) DAERAH (2) Daftar Paket (3) daftar paket internet (1) Dan Guide Bermain Chang'e Mobile Legends (1) Dan Guide Bermain Hanabi Mobile Legends (1) dan Guide Bermain Hero Martis (1) Dan Guide Bermain Miya Mobile Legends (1) Dan Tutorial Bermain Open Fortress Siege (1) Dapodik (5) Dapodikdasmen (1) decor (1) Desain Grafis (7) Diabetes (1) Diet (3) digital marketing (2) dokumen (3) Dollars (1) Domain (1) Download (19) Dragon Nest M SEA (10) e-Banking (16) e-Money (4) E-Toll (1) Edukasi Perbankan (18) EKBIS (2) Ekonomi (2) ELEKTRONIKA DASAR (1) Email (1) Epic Comeback is Real! Inilah Hero Yang Dapat Membalikkan Keadaan Di Menit Akhir (1) Epson (1) Era Milenial (1) esia (1) Event (1) Exploit (1) Facebook (15) Fakta (2) Fikih (1) File Robots (1) Finansial (8) Flu (6) Flyback (1) Fortnite Mobile (4) Fortnite Mobile Beta (1) Foto (4) Free Download (18) Free Fire (2) freelance (1) Fungsi dan Jenis Attachments (1) Gadgets (12) Gambar PNG (2) Game (35) GAMES (6) gaming (1) Gaya Hidup (18) Generasi Muda (1) Geografi (1) Geografi Regional (1) Geosains (1) Gigi (3) Ginjal (4) GLOBAL (2) Gojek (2) Google (10) Google Admob (1) Google Ads (1) Google Chrome (1) Google Maps (1) GPRS (1) Grammar (1) Gratisan aja (2) GRETONGAN (2) Guide (1) Guru (1) Hacker (1) Haji (1) Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Merubah Job Mu Dragon Nest Mobile (1) Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Dahulu Sebelum Bermain PUBG Mobile (1) Handphone (1) HANKAM (1) Harga HP (1) Hari Besar Nasional (1) Hari Pahlawan (1) HEADLINE (18) Herbal (6) Hero (9) Hero Terkuat 4Vs4 Arena Battle of Heros (1) Herpes (1) Hiburan (7) Hipertensi (2) home (12) Home Remedy (1) HUKUM (17) HUT RI (1) iFrame (1) IM3 (2) IM3 Ooredoo (2) Indihome (1) Indosat (6) Info (5) Info GTK (4) INFO GURU (6) Info obat (1) Info Paket (5) INFO PENDIDIKAN (6) Informasi (9) Informasi Dapodik PAUD (2) Informasi Kesehatan (116) Informatika (1) Inilah 10 Tim Yang Akan Mengikuti Turnamen MSC 2018! 3 Diantaranya Adalah Wakil Indonesia (1) Insomnia (2) instagram (2) Internet (32) Internet Banking (1) ios (2) IPS (1) Islam (1) Jalan-Jalan (1) Jangan Di Gacha!! Gunakan Ruby Diamond Untuk Hal Berikut Ini (1) Jantung (12) Jarkom (7) jasa notaris (1) jasa pengacara (1) Jenis - Jenis Herb Dan Monster Di Extraction Dugeon (1) Jenis - Jenis NPC Di Lineage 2 Revolution (1) Jenis Equipment Yang Ada Di Lineage 2 Revolution (1) Jenis-jenis Surat (2) Jerawat (10) job (1) Job Baru : Kali Akan Segera Dirilis Di Dragon Nest Mobile (1) Juknis (3) Juknis Penyusunan KTSP RA Terbaru Tahun 2019 (1) Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019 (1) Juknis PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) Terbaru Tahun 2019/2020 (1) Jurnal Pembelajaran (1) Kabita (1) KALDIK (2) Kalimat (1) Kamera (2) Kanker (6) Kar98 (1) Kartu Halo (1) Kata Hikmah (1) Kata Kata BIjak (1) Kata Kata Motivasi (1) Kecantikan (36) Kehamilan (9) Kelas 7 (1) Kelebihan Dan Kekurangan Dari Semua Job Di Dragon Nest M SEA (1) KEMENAG (3) Kenali Air Drop Di PUBG Mobile Serta Isinya (1) Kenali Rare Skill Dan Cara Mendapatkannya (1) Kepala (5) kesehatan (9) Kesiapan SMP dan SMA dalam Menerapkan Informatika Sebagai Mata Pelajaran Terbaru Tahun 2019/2020 (1) Keuangan (8) keyboard technics (8) Khasiat (20) Kimmy (1) Kisah (1) Kisi-Kisi (1) Kode HTML (8) kolesterol (2) KOLOM (11) Komparasi (4) Komputer (21) Konten Terbaru Di Season 3 PUBG Mobile (1) Kredit Bank (1) Krisis Moral (1) KSM (1) Kuliner (1) Kulit (28) Kumpulan Artikel Pendidikan (4) Kumpulan Dunia Pendidikan (1) Kurikulum 2013 (5) Kurikulum 2013 Revisi (1) Kurikulum 2013 Revisi 2018 (20) Kwai Go (1) lainnya (4) Laku Pandai (1) LAMARAN KERJA (1) LAZADA (1) Leomord (1) Life is Strange (1) Lineage 2 Revolution (16) LINK (2) Linux (3) Listrik (1) Logo (2) LOKER (1) Lowongan Kerja (1) Lunox (1) lupus (1) Lyrics (3) Mac (1) Macbook (1) Machine Learning (1) Madrasah (5) Madrasah Aliyah (1) Makanan (1) MAN (1) Manusia (3) Masuk Pak Eko (1) Mata (3) Materi Biologi (2) Materi Kelas X (1) Materi TK (1) Meaning (1) media pembelajaran (1) Media Sosial (3) Memori (1) Mengejutkan!!! Dota 2 Dan Mobile Legends Tidak Masuk Cabang Asian Games 2018 (1) Mengenal Lebih Jauh Tentang Monster Jungle Di Mobile Legends (1) Menstruasi (2) Mentari (1) Menyunting Ejaan dan Tanda Baca (1) metal (1) METRO (12) Microsoft (2) Microsoft Office (1) Mikrotik (1) Mindset (1) mining (3) MMORPG (1) Mobile Legends (65) Modul (1) Money From Internet (2) Motivasi (1) MPL Season 2 Akan Segera Dimulai! Ayo Daftarkan Tim Mu Sekarang Juga (1) MSC 2018 Akan Segera Hadir Di Asia Tenggara (1) MTs (2) Muhadatsah (1) Muharram (1) Mulut (1) Musik (3) NASIONAL (14) Networking (1) New (4) New Hero Mobile Legends Harith Sang Time Travel (1) News (19) NISN (1) Noob! Berikut Hero Mobile Legends Yang Sangat Bergantung Tim (1) notaris (4) Oase (2) OBS Studio (1) Olahraga (3) Operator (1) Opini (1) Oppo (2) OSN 2019 (4) OSN SD (2) OSN SMP (1) Otomotif (2) Paket Soal Online (2) Panduan (15) Parabola (1) Parenting (5) Payment (3) PC (1) Pelanggaran Terbaru : Penalti Chat Lineage 2 Revolution (1) Pemain Sepakbola (2) Pembahasan Soal Biologi (1) Pembiayaan Syariah (1) Pena Basindon (1) Pencegahan Penyakit (1) pendidikan (10) Pendidikan Karakter (1) Pengumuman (1) Pengumuman SNMPTN 2017 (1) Penjaskes (2) Penjelasan Tentang Jenis Speciality Hero Di Mobile Legends (1) Penyakit & Kanker (2) Penyebab Dan Cara Mengatasi Crash Saat Bermain Lineage 2 Revolution (1) Penyebab Dan Cara Mengatasi ML Patah - Patah Atau Freeze (1) Penyebab Lag dan Cara Mengatasinya (1) PERANGKAT (3) Perangkat SD (3) Perangkat SMA (20) Perangkat SMP (7) Perbedaan PUBG (1) Perfect World Mobile (1) PERISTIWA (20) Permen (1) Permendikbud (1) perusahaan (1) Phising (1) Photo & Imaging (1) Photoshop (1) php (2) Piala Dunia (3) PILPRES (30) PJOK SD (2) PKn (1) PMP (1) PNS (1) POLITIK (35) Polo (1) Polo Air (2) PPDB (1) PPDB ( Penerimaan Peserta Didik Baru ) (1) Pra-Registrasi Orc (1) prestasi (3) Printer (7) Productivity T&T (1) Produk (9) Program (2) Promes (4) Promo (1) PROSEM (1) PROTA (1) Provider Seluler (1) psikologis (5) PUBG Mobile (28) PUBG Mobile LITE Bisa Dimainkan Meski Di HP Kentang Sekalipun (1) Pulsa (8) Python (1) R (1) RA (7) Ragnarok M: Eternal Love (1) Ragnarok Online (1) Rambut (7) Rangkuman Biologi (1) Rangkuman Materi (1) Regulasi (4) Rekomendasi 5 Hero Yang Cocok Untuk Solo Ranked (1) Resep makanan (2) review (7) Riot Game Tencent Akhirnya Memenangkan Gugatannya Ke Mobile Legends (1) Rokok (2) RPP (9) Rpp Silabus Prota Promes (2) Sakinah (1) SAMSUNG (2) Sayur (2) SBMPTN (1) Scam Page (1) Script (1) Season 3 (1) Security (1) Segera New Mode - Mode Survival Mobile Legends Akan Dirilis (1) SELEB (1) SEO (13) Seo Tips (3) Sepak Bola (3) Seputar Bisnis (1) Seputar Blog (9) Seputar Internet (26) Sertifikasi (4) SERTIFIKASI GURU (1) Servis Elektronik Rumah Tangga (1) Servis Receiver DVB (1) SERVIS TELEVISI (4) Servis TV LG (2) Servis TV POLYTRON (4) Servis TV SHARP (1) Share Buttons (1) Siaran Pers BKN (1) Sim Pkb (1) Simpati (26) Simpatika (5) SIMPKB (1) Sinusitis (2) Skin Season 9 (1) Smartfren (3) SMK (1) SMP Sederajat (1) SMS (1) Soal Agama Islam (1) Soal Biologi (3) Soal dan Jawaban (23) Soal Dan Kunci Jawaban (1) Soal dan Pembahasan (2) Soal Fisika (3) Soal Geografi (2) Soal Multimedia (1) Soal PAI (2) Soal Pemasaran (3) Soal Penjas (3) Soal Penjaskes (7) Soal Puisi (1) Soal Sejarah (2) Soal Sosiologi (1) Social & Messaging T&T (3) social media (1) SOFTWARE (4) Sosial Media (11) SOSMED (5) Speaker (1) Speech (4) Speedy (1) Sql (1) StartUp (1) steel (1) Streaming (4) Struktur (1) Surat (1) Surat Edaran (1) Survey (2) Syarat Spesifikasi HP Bermain Fortnite Mobile (1) Syarat Spesifikasi HP Bermain PUBG Mobile (1) system (1) Tabungan (66) Tabungan Bebas Biaya Administrasi (19) Tabungan Berjangka (6) Tabungan Harian (39) Tabungan Khusus (5) Tabungan Perorangan (39) Tabungan Syariah (15) Tabungan Umroh & Haji (2) Tech News (9) Tekno (2) TEKNOLOGI (4) Teks Berita (1) Teks Cerpen (1) Teks Iklan Slogan Poster (1) Teks Laporan (2) Teks Rekaman Percobaan (2) Telepon (2) Telkomsel (31) Tempat Loot Misterius (1) Template (3) Tencent Akan Merilis Game Ragnarok Online Versi Mobile (1) Tencent Akan Segera Merilis Call of Duty Versi Mobile (1) Tentang Blogging (1) Tentang Kami (5) Terminal (1) Thamuz (1) The Soul of Hunter (1) Three (1) Tik Tok (1) tips (61) Tips & Trick (40) Tips And Trick (12) Tips And Tricks (5) Tips Blogger (21) Tips Bloggers (1) Tips Build Dan Guide Bermain Argus Mobile Legends (1) Tips Dan Guid Bermain Alucard Mobile Legends (1) Tips dan Trik (51) Tips Elektronik (1) tips kesehatan (7) Tips Leveling Cepat Lineage 2 Revolution (1) TIPS Menaikkan CP Karakter Melebihi Standar Di Lineage 2 revolution (1) Tips Menang Mudah Bermain Survival Mode Mobile Legends (1) Tips Mendidik dan Mengasuh Anak (1) Tips&Trik (48) Tokopedia (1) Top 10 Hero Wajib Banned Di Season 9 Ini (1) Top 5 Hero Feeder Karena Kesalahan Pilotnya (1) Transfer Bank (13) Transfer Pulsa (2) Tri (1) Trik (25) trik sulap (2) Tubemate (1) Tutorial (39) Tutorial Blog (6) Tutorial Internet (1) Tutorial Macbook (1) Tutorial Programming. Tips (1) Tutorial Software (2) Tutorial Windows (5) TUTORIALS (5) TV Online (4) Uang Gratis (1) Uc Browser (1) Umum (1) UN SMA/MA (2) UNP (1) Usus (3) Vertigo (2) Video (7) Voucher (12) VPN (2) Wajah (8) Wanita (11) Watermark (1) web hosting (2) Website (14) Whatsapp (9) Widget (13) Wifi (1) Windows (2) Windows T&T (6) wordpress (6) XIAOMI (12) XL (2) Youtube (4)